Tuesday 10 November 2015

Cara Membuat Link pada HTML Menggunakan Notepad

Artikel kali ini saya akan coba mengulas mengenai cara membuat link pada html dengan notepad. Link atau nama lain dari hyperlink ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengarahkan atau menghubungkan dari situs satu ke situs yang lainnya dengan cara mengeklik link tersebut.  Bagi sobat yang ingin belajar pemrograman web, link ini merupakan bahasa pemrograman dasar yang harus sobat kuasai.

Pada bentuk default, link biasanya berupa sebuah tulisan atau text yang berwarna biru dan apabila diklik sobat akan diarahkan ke halaman lain. Mungkin sobat pernah menjumpai link yang langsung diarahkan ke halaman lain saat diklik. Ada juga link yang apabila di klik membuka tab atau halaman baru. Yang membuat link membuka tab baru, biasanya menggunakan tambahan target di dalamnya. Untuk lebih jelasnya nanti saya akan membahasnya.

Membuat link pada tulisan blog jauh lebih mudah dibandingkan membuat link di notepad. Dikarenakan di notepad sobat harus menuliskannya secara manual sedangkan di blog kita dimudahkan karena ada tool bawaan untuk membuat link dengan sekali klik.

Dengan menggunakan aplikasi bawaan komputer yang bernama notepad ini, bisa kita gunakan tidak hanya untuk membuat link saja tetapi bisa juga kita gunakan untuk mempelajari kode html  yang lainnya misalnya membuat tabel, menampilkan gambar, membuat form dan masih banyak lagi. Langsung saja buka notepad sobat, bagi yang belum tahu, caranya yaitu klik start > all program > accessories > dan pilih notepad. Setelah notepad terbuka silahkan mengikui langkah-langkah berikut ini.
  • Sekarang coba sobat ketikan  <a href="http://google.com/">klik disni</a> di dalam notepad kemudian simpan dan beri nama cobalink.html
 Cara Membuat Link pada HTML
  • Selanjutnya coba lihat hasilnya dengan cara membuka folder penyimpanan dan mengeklik sebanyak dua kali pada notepad yang telah sobat simpan tadi. Notepad yang telah disimpan tadi formatnya akan berubah menjadi html dan secara otomatis type akan berubah sesuai dengan browser yang kita gunakan seperti gambar berikut ini.
Cara Membuat Link pada HTML
  • Setelah terbuka coba klik link tersebut, disini saya membuat link menuju ke google.com. Dan bila link tersebut saya klik, saya akan diarahkan menuju google.com.
Cara Membuat Link pada HTML


Info tambahan
Penjelasan dari kode <a href="http://google.com/">klik disni</a>. warna merah : merupakan link yang dituju. Sementara untuk yang warna biru yaitu sebuah tulisan atau teks yang memiliki link di dalamnya dan apabila di klik kita akan diarahkan ke halaman yang lainnya. Selain itu untuk membuat link yang apabila di klik membuka tab baru (new tab), sobat bisa menambahkan atribut target misalnya <a href="http://google.com/" target="_blank">klik disini</a>. Hasilnya sobat akan diarahkan ke tab baru secara otomatis setelah mengeklik link tersebut tanpa harus klik kanan pada link dan kemudian open link in new tab.
Cara Membuat Link pada HTML
Mungkin hanya itu yang bisa saya ulas kali ini. Apabila ada hal yang masih belum jelas silahkan ditanyakan melalui komentar google plus di bawah postingan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat.


No comments:

Post a Comment